KARTANEGARA Nama Ibu Kota Negara RI Baru





Nama KARTANEGARA Untuk Ibu Kota Baru Negara RI

A. Arti dari KARTANEGARA adalah :
1. Pekerjaan yang sempurna
2. Kesentausaan dan suka ilmu pengetahuan
3. Kemasyhuran
4. Positif : 100%

B. Arti KARTA atau KERTA
Kata KARTA diambil dari bahasa Sanskerta yang secara harafiah adalah "pekerjaan yang telah dicapai" dari akar kata kṛ yang juga menghasilkan kata "karya" dalam Bahasa Indonesia. Namun dalam bahasa Jawa Kuno ada pergeseran semantik dan artinya menjadi "makmur, maju, sedang berkembang, ulung, sempurna".
Karta – Kerta juga memiliki arti, definisi, maksud atau makna:  aman, selamat, tenteram, trampil, dan tertata baik.
Sumber: https://id.wikipedia.org

C. Arti NEGARA
Negara/ne•ga•ra:
1. organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat;
2. kelompok sosial yang menduduki wilayah atau daerah tertentu yang diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif, mempunyai kesatuan politik, berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya: kepentingan -- lebih penting daripada kepentingan perseorangan.
Sumber: https://kbbi.web.id

D. Berkait SEJARAH:
1. Berkain dengan nama besar Raja Kertanegara dari Kerajaan Singhasari.
Nama Kartanegara atau Kertanegara berhubungan dengan keberadaan Raja Kertanegara dari Singasari di Malang Jawa Timur   yang memerintah pada tahun 1254 – 1292.
Sri Maharaja Kertanagara dipandang sebagai penguasa Jawa pertama yang berambisi menyatukan wilayah Nusantara yaitu dengan melakukan ekspedisi Pamalayu (Pamalayu bermakna perang Malayu) yang bertujuan untuk menaklukkan kerajaan-kerajaan di Sumatra sehingga dapat memperkuat pengaruhnya di selat Malaka yang merupakan jalur ekonomi dan politik penting. Ekspedisi ini juga bertujuan untuk menghadang pengaruh kekuasaan Mongol. Pada tahun 1289 raja Kertanegara menentang kekuasaan  Kubilai Khan, kaisar Mongol.

2. Berkaitan dengan Kerajaan tertua di Indonesia, yaitu Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur.
Tersebut nama Kerajaan Kutai Kartanegara. tentu tak lepas dari sejarah tertua di Indonesia yaitu Kerajaan Kutai Martadipura yang berdiri pada tahun 350 -1605. Menurut prasasti Yupa dengan tulisan huruf Pallaawa, sekitar 400 tahun masehi di Kalimanta Timur terdapat kerajaan Kutai Martadipura yang terletak di Muara Kaman, kawasan sungai Mahakam. Kerajaan itu didirikan oleh Maharaja Kudungga yang bertakta pada tahun 350-375. Kerajaan mengalami masa kejayaan pada masa kepemimpinan Raja Mulawarman Nala Dewa yang bertakta pada tahun 400 – 446.
Pada abad ke-14, di muara sungai Mahakam, berdiri kerajaan baru bernama Kutai Kartanegara dengan raja pertamanya Aji Betara Agung Dewa Sakti. Kutai Kartanegara dalam perkembangannya mulai dipengaruhi agama Islam yang dimulai pada masa Raja Aji Mahkota pada 1525 masehi dengan gelar Aji Mahkota Mulia Islam.

E. Menurut NUMEROLOGI
Kepribadian nama Kartanegara dalam numerology. Nama "Kartanegara" mempunyai jumlah angka:
K = 11 A = 1 R = 18 T = 20 A = 1 N = 14 E = 5 G = 7 A = 1 R = 18 A = 1
Jumlah angka untuk nama "Kartanegara" adalah 97

Menurut studi numerologi, nama "KARTANEGARA" mempunyai kepribadian: Analitis, memahami, pengetahuan, senang belajar, bermeditasi, penuh kesadaran. (Sumber: https://namamia.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desa Seboro & Desa Rawan di Krejengan Kab. Probolinggo tempat Panglima Perang Mpu Nala

Di Jabung Baginda Hayam Wuruk berselirkan seorang putri cantik